2.15.2020

TAUHID

AKIDAH TAUHID -> Wahdaniyah (Keesaan Allah)

1. Esa dalam Dzat: Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Allah. Setiap apa yang kamu lihat atau terbayang dalam benakmu berbeda dengan Dia Subhanahu wa ta'ala.
2. Esa dalam Sifat:
- Memiliki semua sifat kesempurnaan (Wajib)
- Bersih dari semua sifat kekurangan (Muhal)
- Allah tidak membutuhkan selainNya (Istighna')
- Semua selain Allah membutuhkanNya (Iftiqar)
3. Esa dalam Perbuatan (Af'aal): Tidak ada Pelaku perbuatan (yang gerak dan diam) kecuali Dia Yang Maha Tinggi, maka Dia adalah Sumber dari segala sebab (kejadian).
Misal pemahaman Wahdaniyah dalam Perbuatan (Af'aal):
- Api terbakar dengan sendirinya -> Keyakinan orang Kafir
- Api terbakar dengan kekuatan yang diberikan oleh Allah pada api tersebut -> Keyakinan orang bodoh yang fasik.
- Api adalah sebab dan kebakaran adalah konsekuensinya (hasil), maka Allah adalah sumber dari segala Sebab.-> Keyakinan Tauhid.

*Mudah-mudahan saya tidak salah menerjemahkan. Mohon koreksi para guru dan masyayikh. Ada sedikit kesalahan tulis dan sudah saya konfirmasi ke pemilik status Gus Najih Ibn Abdil Hameed, yang benar adalah النار محرقة tanpa titik bukan مخرقة. Beliau membuat rangkuman mindmap yang sangat memudahkan orang awam memahami penjelasannya di beberapa Kitab Tauhid seperti Kifayatul Awwam atau Khoridatul Bahiyyah..
=====
Akidah seperti ini yang diajarkan di pesantren-pesantren Ahlussunnah wal-Jamaah (ASWAJA An-Nahdliyah). Jadi kalau ingin punya akidah yang benar mondoklah! Kalau ingin punya anak yang mempunyai akidah yang benar pondokkan! Dan pilihlah pondok yang Kyai atau guru atau ustadznya punya sanad yang jelas.

Tabik,
Faisal Zulkarnaen
Mojokerto, 15 Februari 2020

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home